KERAJINAN BATU MOZAIK DESA CAMPURDARAT

Batu Mozaik Desa Campurdarat

Mozaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil batu alam, beberapa macam batu-batu alam contohnya batu marmer, batu onix, batu megalitik dan berbagai macam batu-batu lainnya, seni ini merupakan sebuah teknik dalam aspek dekorasi interior. batu mozaik tersebut dibuat untuk dekorasi interior rumah seperti dinding, lantai, pagar rumah dan lain sebagainya.

Pembuatan batu mozaik dibuat oleh masyarakat Desa Campurdarat yang berpengalaman dibidangnya, sebagian warga atau masyarakat ada yang melakukan proses pengrakitan, proses penggilingan, ada juga yang melakukan penambangan, proses-proses tersebut dilakukan untuk menjadikan batu mozaik agar membentuk motif sesuai yang diinginkan seperti bentuk abstrack, diagonal, tumbuhan atau bunga dan masih banyak yang lainnya.

Pembuatan batu mozaik dilakukan saat banyaknya pesanan dari dalam maupun luar negeri. Pengerjakan batu mozaik dilakukan dipabrik batu untuk mengolah batu tersebut menjadi kepingan, selanjutnya akan di rakit biasanya dilakukan oleh warga sekitar atau masyarakat desa campurdarat sendiri.

Pembuatan batu mozaik sendiri dibuat dari batu alam yang diolah dari proses pemotongan dengan ukuran tertentu dan digiling agar batu tersebut tidak tajam dan untuk memperhalus batu, yang selanjutnya akan melalui proses pengarakitan batu untuk dibentuk menjadi motif tertentu.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?